Saturday, April 15, 2017

7 Pesan Kiai Afif dalam acara Pelantikan dan Pengajian

         Pada tanggal 15 april 2017 rayon iksass kalimantan melakukan kegiatan pengajian dan pelantikan kepengurusan yang baru. Yang di hadiri oleh dewan pakar rayon iksass kalimantan yakni Almukarrom KH. Afifuddin Muhajir dan Penasehat Ust. Khoruddin Habsyis. Kiai Afif (Sapaan Akrab Beliau) Memberikan Taujihad dan bekal pulang kepada sahabat-sahabat rayon iksass kalimantan. Beliau berpesan kepada Santri yang berasal dari kalimantan Khususnya. Ada 7 poin yang kami catat dalam kegiatan tersebut.
7 Pesan Kiai Afif
1   1. Jangan meninggakan kebiasaan baik di pesantren.
Kiai afif berpesan kepada santri dan pengurus Iksass kalimantan untuk tidak pernah meninggalkan Kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan di pesantren. Seperti sholat tepat waktu dengan berjemaah. Sholat sunnah maktubah dan sholat sunnah yang lain seperti tahajud Dluha Dll.

1    2. Jangan Nganggur
Kiai afif juga berpesan kepada yang hadir pada acara tersebuat untuk tidak pernah nganggur ketika santri-santri pulang ke rumahnya masing-masing. Dan harus di isi dengan kegiatan-kegiatan kegiatan keagamaan ataupuk keduniaan. Seperti Berdangan kalok semisal orang tuanya pedagang maka sepantasnya kita membantu orang tua kita dalam berdagang. Dan sebagainya.

      3. Menanamkan kebaikan
Menanam kebaikan bisa dimulai dari sekarang yang hasilnya kita harapkan ketika kita sudah kembali kerumah dan tidak kembali lagi atau rekom. Dengan kebaikan tersebut kita diharapkan dapat berjuang dalam Daerah kita masing-masing.

      4.  Ikhtiyar
Beliau kiai afif juga berpesan agar sahabat-sahabat santri beriikhtiyar untuk melakukan kebaikan-kebaikan. Dan jangan sampai kejelekan-kejelekan kita sampai kepada mesyarakat kita masing-masing.

      5. Memberi manfaat kepada orang lain
Rugi kalau tidak memeberi manfaat pada orang lain. Dawuh beliau pada para santri yang hadir pada acara tersebut. Beliau berharap bagaimana sahabat-sahabat santri yang berasal dari kalimantan. Bagaimana memberikan manfaat kepada Kedua orang tua, saudara-saudar, bahkan kepada tetanggal kita lebih lebih kepada Daerah kita.

      6.Mempersiapkan diri
Beliau juga berharap kepada para santri agar menyiapkan diri untuk menghadapi pulangan yang sudah hampir ini. Beliau kiai afif berpesan kepada para santri agar dilatih dari sekarang baik Khitobah, Tahlil, dan Lain-lain.

      7. Jaga nama baik pesantren.
Beliau berpesan kepada sahabat-sahabat untuk menjaga nama baik pesantren. Tidak mencoreng nama baik pesantren. Sampai-sampai beliau berdawuh “Kalau ragu jangan tampil” kata beliau. 

           Semoga kita bisa menjadi santri yang bisa memberikan teladan kebaikan kepada diri kita, keluarga kita, bahkan kepada warga kita dan daerah kita masing-masing. Amin.

#Gus Maman

No comments:
Write komentar